Rabu, Februari 18, 2009

Rumah Mereka..



------------------------------------------







Seminggu 2x aku melewati jalan tembus ini dengan mengendarai motor,sebagai jalan pintas menuju Rumah Penampungan Anjal di Caringin.
Jalan kecil disamping kompleks pemakaman umum Porib Caringin,kira-kira 700 meter dari lokasi dibangunnya Apartemen Pasadena Park.

Semula kukira gubuk di ujung sebelah kiri pemakaman itu adalah kandang ayam..terpencil di bawah tower listrik tegangan tinggi.
Namun pagi ini aku terperangah ketika melihat seorang wanita setengah tua keluar dari gubuk itu menggendong bayinya.

Aku menghentikan laju motorku dan mengamati.
Tiba-tiba aku ingin meneteskan airmata ketika menyadari bahwa itu adalah sebuah rumah kecil.. tanpa jendela, berdinding seng,berlantai tanah, dengan ukuran yang lebih kecil daripada pos satpam di kompleks tempatku tinggal.Dengan pemandangan makam-makam bisu di pelatarannya, bahkan salah satu makam di depan rumah itu masih bertanah merah dengan taburan bunga yang hampir layu, bertanggalkan 16 Februari 2009..

Aku berjanji dalam hati, esok2 aku akan kembali kesini lagi, bukan hanya untuk memintas jalan, namun untuk mengunjungi wanita beserta bayinya itu..


* live on the spot, Porib Caringin Bandung