Kamis, Oktober 08, 2009

Negosiasi Kehendak -4- [juga sebagai jawaban email dari seorang sahabat]

Berpuluh kali aku mendapat pertanyaan seperti ini, "Nampaknya,mencari pria untuk menjalin sebuah hubungan itu mudah bagimu. Mengapa, Win ? Padahal kadang tutur katamu terlalu 'daleem'..sulit kutangkap maknanya kalau hanya satu kali baca"..

Aku hanya bisa menjawab begini :
Apa yg dicari dari suatu interaksi ? Nomor satu adalah kenyamanan.
Ketika anda merasa nyaman,maka interaksi itu akan berlanjut dan dipertahankan.
Sering sekali aku bertemu dgn pria yang berkata "Cintai aku,Win..aku ingin berada di dekatmu,karena kamu bla bla bla.." [bukan faktor fisik].
Ia merasa nyaman. Nyaman di dekatku,walau kadang kualitas berpikirnya jauh di bawahku.

Sering juga aku berhadapan dgn pria yg mati2an berusaha memahami diriku,meningkatkan kualitas berpikirnya untuk bisa nyambung dgnku,mencoba mengerti kata2ku,mencoba menguasai hal2 yg menjadi kesukaanku. Semua dilakukan untuk bisa dekat dgnku.
Apa yg sebetulnya diinginkannya ? Hanya ini : SEJAJAR DAN NYAMAN.

Jadi,aku selalu berusaha menghargai semua upaya pria itu dengan cara membuatnya tetap nyaman berinteraksi dgnku.
Ia berkehendak dekat dgnku,memiliki diriku,maka ia membuang jauh segala hal yg dianggapnya akan menjadi satu kekurangan di mataku. Sebaliknya,ia akan berusaha mencapai dan memiliki hal2 yg bisa berarti satu kelebihan yg bisa menarik perhatianku.
Maka sebetulnya ia sudah melakukan negosiasi kehendak terhadapku..

Jadi tak berlebihan rasanya jika akupun lantas melakukan negosiasi serupa :
Aku 'menurunkan' sedikit kualitas berpikirku agar aku tampak sejajar dengannya, aku mencoba berbicara dgn bahasanya agar ia mengerti aku, aku berusaha menjelma menjadi sosok yg ia kehendaki, tak lebih dan tak kurang..
Itulah sebabnya mengapa hingga detik ini aku masih mempunyai 'fans2' fanatik yg tetap menyimpanku di hatinya,wahahahahaha -just kidding- karena apa ? Karena mereka TELAH PAHAMI siapa dan bagaimana diriku.. Lengkap dengan segala kekuranganku..